Saturday, March 7, 2015

8 Emosi Primer Manusia


Setiap manusia pasti memiliki yang namanya emosi, ahli psikologi telah mengelompokkannya menjadi delapan emosi primer dimana setiap emosi tersebut berhubungan dengan situasi hidup fundamental . Inilah kedelapan emosi primer tersebut menurut Plutchik, 1980 :


1. Takut
Rasa takut akan muncul apabila anda dihadapkan oleh suatu ancaman atau masalah yang tidak dapat anda selesaikan. Atau bisa juga muncul saat anda menghadapi situasi yang tidak diduga dan tanpa persiapan, misalnya saat dosen tiba-tiba mengumumkan bahwa hari ini ujian dan anda belum ada persiapan. Rasa takut bermacam-macam, bisa berupa phobia (takut permanen) atau hanya rasa takut sementara.

2. Marah
Ini dia emosi manusia yang hampir setiap hari dirasakan oleh kebanyakan orang. Rasa marah umumnya disebabkan oleh adanya penghalang atau gangguan, misalnya saat anda akan duduk di ruang kelas tiba-tiba salah seorang teman menarik kursi yang akan anda duduki sehingga anda terjatuh. Untuk orang yang santai mungkin dia akan ikut tertawa bersama teman lainnya, namun untuk orang yang mudah tersinggung kemungkinan besar dia akan marah dan reaksinya akan menimbulkan kerugian bagi orang yang jahil tersebut.

3. Sedih
Perasaan sedih bertahan paling lama pada kebanyakan orang. Emosi ini muncul akibat kehilangan materi atau orang yang sangat penting dalam hidupnya. Kesedihan yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah kejiwaan yang lebih kompleks.

4. Gembira
Gembira. Inilah emosi yang paling menyenangkan bagi orang yang merasakan maupun yang melihat. Rasa gembira di dunia yang paling maksimal adalah saat anda menemukan calon pasangan, “Bukan calon pacar”. Kegembiraan tersebut bertahan lebih lama dibanding kegembiraan lainnya yang hanya bertahan dalam hitungan hari.

5. Percaya
Percaya juga merupakan suatu bentuk emosi. Anda akan lebih mudah percaya terhadap orang yang sudah anda kenal baik dibanding orang yang baru kenal atau hanya sebatas kenal. Rasa percaya lebih mudah didapat pada suatu komunitas atau organisasi yang anda ikuti, terlepas dari problem intern dan masalah lain tentunya.

6. Antisipasi
Ini juga merupakan bentuk emosi, bagi orang awam mengelompokkan antisipasi kedalam emosi pastilah terasa aneh. Antisipasi disebabkan karena diperolehnya suatu kekuasaan atau jabatan. Sebagai contoh, anda diterima menjadi seorang pegawai di suatu perusahaan asing, pasti sebelumnya anda telah berlatih bahasa inggris, menyusun waktu dan rencana sebagai antisipasi penerimaan anda.

7. Terkejut
Terkejut/kaget biasa disebabkan oleh objek yang muncul secara mendadak, baik itu manusia, hewan, ataupun benda. Proses “terkejut” memerlukan sinkronisasi antara beberapa indra, pada kebanyakan orang indra yang bereaksi adalah mata, telinga, dan pernapasan. Namun ada juga yang lidahnya ikut bereaksi sehingga tidak hanya mengeluarkan suara terkejut namun sudah berupa kata maupun rangkaian kata.

8. Muak
Rasa muak disebabkan oleh objek yang menjijikkan, baik secara visual maupun tekstur. Anda bisa merasa muak akibat melihat serangga yang anda benci atau karena menyentuh objek kotor. Pada suatu kasus, rasa muak dapat muncul akibat melihat orang yang tidak anda sukai, baik penampilannya maupun kepribadiannya.

Itulah kedelapan emosi primer manusia, apabila ada kesalahan dalam penjabaran mohon dimaafkan.

Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment