Saturday, March 7, 2015

Metode Penelitian Psikologi


Psikologi sebagai cabang ilmu yang masih tergolong muda juga mempunyai metode ilmiah untuk melakukan penelitian, berikut metode-metode tersebut :


1. Metodologi Eksperimental
Metode ini dilakukan di laboratorium. Peneliti memiliki kontrol sepenuhnya terhadap objek yang diteliti. Mulai dari apa yang akan dilakukan terhadap objek, seberapa sering eksperimen akan dilakukan, kapan akan dilakukan eksperimen, dan sebagainya.

2. Observasi Ilmiah
Metode ini dilakukan secara spontan dan tidak diatur sebelumnya. Seperti pengamatan yang dilakukan di tempat-tempat umum. Mengamati perilaku pengendara motor/mobil di jalan raya juga termasuk ke dalam metode ini.

3. Sejarah Kehidupan (Metode Biografi)
Metode ini dilakukan melalui penelusuran terhadap masa lalu seseorang. Hal itu dapat diperoleh melalui cerita dari orang-orang terdekatnya. Dengan metode ini dapat diperoleh tentang kondisi jiwa orang yang bersangkutan.

4. Wawancara
Metode ini berupa tanya jawab secara tatap muka antara peneliti dan yang diteliti. Metode ini memiliki keuntungan karena jika ada hal yang kurang jelas, dapat diperjelas secara langsung.

5. Angket
Metode ini mirip dengan wawancara, namun tidak bertatap muka. Peneliti memberikan lembaran pertanyaan yang akan diisi oleh yang bersangkutan secara tertulis.

6. Analisis Karya
Metode ini dilakukan dengan meneliti karya seseorang, seperti gambar dan bentuk tulisan tangan. Karena dari kedua hal tersebut dapat diperoleh kondisi jiwa orang yang bersangkutan.

7. Metode Kuantitatif
Metode ini dilakukan melalui pengumpulan data, kemudian data tersebut diteliti sehingga didapat perhitungan yang tepat.

8. Pemeriksaan Psikologi
Metode ini biasa juga disebut Psikotes, peneliti menggunakan alat psikodiagnostik yang hanya dapat digunakan oleh orang yang ahli. Dari hasil tersebut dapat diperoleh taraf kecerdasan, minat dan bakat, serta kondisi jiwa orang yang bersangkutan.

Itulah metode penelitian Psikologi, mohon maaf jika ada kesalahan. Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment