Saturday, March 21, 2015

Keuntungan dan Kerugian Media Sosial


Bagi para pengguna internet, media sosial bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan masyarakat dari berbagai kalangan juga mulai menggunakan media sosial untuk memenuhi kebutuhannya. 

Namun media sosial seperti pedang bermata dua, di satu sisi menguntungkan dan sisi lainnya merugikan. Berikut ini merupakan keuntungan dan kerugian media sosial :

Keuntungan :


1. Sebagai sarana pelepas stress
Media sosial dapat digunakan untuk mencurahkan isi hati penggunanya, namun hal ini harus diiringi dengan kebijakan si pengguna, agar isi hatinya tidak membuat pihak lain tersinggung.

2. Sarana Perniagaan
Selain sebagai pelepas stress, media sosial juga dapat menjadi sarana jual beli. Namun perlu diingat, pembeli harus lebih cermat dalam membeli melalui media sosial ini.

3. Tempat bebagi informasi
Media sosial juga dapat digunakan sebagai sarana untuk berbagi informasi, dalam hal ini pengguna media sosial dituntut untuk cerdas dalam menyaring informasi yang diperoleh.

4. Komunitas virtual
Kebanyakan media sosial menyediakan fitur untuk membuat grup, sehingga pengguna yang memiliki kepentingan yang sama dapat berbagi informasi melalui grup ini. 

5. Membantu komunikasi
Jarak tidak lagi menjadi penghalang dalam berkomunikasi, karena media sosial telah membuka cara baru dalam berkomunikasi sehingga dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, selama terdapat konektivitas yang mendukung tentunya.

Kerugian :


1. Penipuan dan penculikan
Mudahnya akses terhadap media sosial membuat siapa saja dapat membuat akun baru di media sosial, termasuk pelaku penipuan dan penculikan.

2. Pencurian Foto dan Data Pribadi
Pencurian ini dilakukan oleh para penipu, dan biasanya digunakan untuk kegiatan penipuan dalam jual beli. Untuk itu, sebaiknya para pengguna media sosial tidak terlalu banyak mengupload foto dirinya, terutama foto selfie.

3. Waktu terbuang percuma
Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan tentu akan merugikan, termasuk kegiatan mengakses media sosial. Banyak pengguna yang awalnya berniat untuk mengakses media sosial dalam beberapa menit, namun terlena hingga lupa waktu. Disini, pengguna media sosial dituntut untuk disiplin terhadap diri sendiri.

4. Sarana adu domba yang efektif
Informasi yang dibagikan di media sosial sangatlah beragam, namun banyak informasi yang tidak terbukti kebenarannya (hoax). Para pengguna media sosial banyak yang tidak memikirikan apakah informasi itu faktual atau tidak, sehingga banyak yang saling emosi dan saling menghina di media sosial. Oleh karena itu media sosial menjadi media adu domba yang sangat efektif.

Media sosial sama seperti pedang. Bagi yang mengerti menggunakannya akan memperoleh keuntungan, sedangkan yang tidak mengerti akan memperoleh kerugian. Jadi, termasuk pengguna yang manakah anda?

No comments:

Post a Comment