Thursday, March 12, 2015

Aluk Ma'lolo - Upacara Kelahiran Suku Toraja


Aluk Ma’lolo merupakan upacara yang dilaksanakan ketika ada bayi yang baru dilahirkan secara sah. Upacara ini merupakan salah satu bagian dari upacara Rambu Tuka, yaitu upacara syukuran dan selamatan.


Dalam upacara Aluk Ma’lolo, tali pusar bayi dipotong setelah kelahirannya kemudian dikubur di bawah tangga rumah yang terletak di sebelah timur. Penguburan tali pusar tersebut diiringi dengan doa agar bayi tersebut dapat tumbuh sehat, baik jasmani maupun rohani sehingga mampu menjadi orang yang bijaksana saat dewasa kelak. Dan agar si bayi bertingkah laku sopan serta dapat menjaga perbuatan maupun perkataannya. Selain itu, penguburan tali pusar juga bertujuan agar si bayi tidak melupakan tanah leluhur atau kampung halamannya saat dewasa, terutama jika dia pergi merantau.

Masyarakat Toraja percaya terhadap dalle, yaitu takdir seorang bayi telah ditentukan oleh dewa sebelum dia dilahirkan, dan takdir ini harus digapai dengan melakukan usaha yang maksimal, sehingga si bayi mendapatkan kebahagiaan di masa depan.

Prosesi upacara kelahiran suku Toraja atau disebut Aluk Ma’lolo ini selalu diadakan di bagian timur rumah Tongkonan, dan diadakan di pagi hari atau sebelum siang. Pemilihan waktu ini dikarenakan posisi terbitnya matahari yang berada di sebelah timur, karena terbitnya matahari dianggap sebagai awal suatu kehidupan baru, sehingga dapat memberi cahaya kehidupan terhadap si bayi.

No comments:

Post a Comment