Thursday, March 12, 2015

Terbiasa Menunda? Hentikan dengan 5 Cara Ini


Orang yang terbiasa menunda-nunda biasanya merasa stress karena tidak mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat. Apabila anda termasuk orang yang suka menunda-nunda maka berhati-hatilah karena stress akan menghampiri anda. Untuk mengubah kebiasaan tersebut memang sulit, namun menjadi mudah apabila anda memiliki keinginan yang kuat untuk berubah. Bagaimana caranya? Simak cara di bawah ini :


1. Buatlah “to-do list”
Siapkan buku catatan anda, tidak perlu berukuran besar yang penting dapat dibawa dengan mudah dan praktis. Segera buat daftar kegiatan yang ingin anda lakukan. Berikan checklist pada setiap kegiatan yang berhasil anda selesaikan, anda akan merasakan kepuasan setiap memberi checklist. Kepuasan yang tidak akan anda dapat saat menunda-nunda.

2. Biarkan diri anda istirahat
Jika anda tidak dapat fokus dalam bekerja atau belajar (di rumah) dan melakukannya dengan setengah hati, segeralah beristirahat. Atur timer selama 10 menit, ambil novel, mainkan game, telepon teman anda, atau lakukan apa saja yang dapat membuat pikiran anda fokus kembali.

3. Cegahlah gangguan
Setel smartphone anda dalam posisi silent atau vibrate, matikan bila perlu. Dan simpanlah benda-benda yang dapat membuat anda kehilangan fokus.
Jika anda bermasalah dengan internet surfing saat sedang bekerja, segera download aplikasi yang dapat membatasi penggunaan internet anda. Anda dapat mencoba aplikasi RescueTime, aplikasi itu dapat memblokir suatu website selama waktu tertentu, dan hanya dapat dihindari jika komputer dimatikan.
Anda dapat mendownload RescueTime secara gratis disini 

4. Lakukan satu pekerjaan dalam satu waktu
Melakukan multitasking memang lebih menghemat waktu, tetapi banyak orang yang menjadi tidak efisien karena tidak dapat mengatur fokus pikirannya. Lakukan hanya satu pekerjaan pada dalam waktu dan jangan bebani diri anda dengan banyak pekerjaan.

5. Tentukan deadline
Kadangkala ada suatu tugas/pekerjaan yang tidak memiliki deadline, atau mempunyai deadline yang sangat lama. Segera hindari kebiasaan menyelesaikan sesuatu mendekati deadline, beberapa orang mungkin dapat mengerjakan sesuatu dengan lebih cepat dan efisien di dalam tekanan. Namun jika anda bukan termasuk orang tersebut, maka segera jauhi kebiasaan tersebut.
Bila perlu, mintalah orang terdekat anda untuk menentukan deadline untuk anda. Rasa malu jika tidak dapat menyelesaikan tugas akan mencegah anda dari kebiasaan menunda.

No comments:

Post a Comment