Thursday, April 28, 2016

Research Gate - Media Sosial Para Peneliti

Sumber : https://blogs.library.ucsf.edu/inplainsight/files/2013/08/ResearchGate.jpg

Media sosial merupakan hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat global, terutama masyarakat Indonesia. Hampir semua orang yang memiliki akses terhadap internet juga memiliki akun media sosial, minimal satu akun. Selain itu, istilah-istilah seperti like, post, share, dan sebagainya juga tidak asing lagi bagi kalangan pengguna media sosial.

Semenjak tahun 2008, telah muncul sebuah media sosial yang ditujukan untuk kalangan akademisi dan peneliti. Media sosial ini tidak berbeda jauh dengan media sosial lainnya, namun memiliki fitur yang lebih ditujukan untuk kalangan akademisi dan peneliti. Media sosial ini didirikan oleh Ijad Madisch bersama dengan timnya pada tahun 2008. Research Gate memiliki kantor pusat di Berlin, Jerman.

Research Gate memiliki keuntungan yang lebih banyak untuk kalangan akademisi dan peneliti dibanding media sosial yang lain. Keuntungan yang akan diperoleh tersebut diantaranya :
  1. Free to sign up
  2. Research Gate telah mengembangkan alat pencarian Internet semantik yang mampu untuk mencari makalah penelitian dari sumber internal dan database eksternal terkenal seperti PubMed, CiteSeer, arXiv, NASA Library dan sebagainya
  3. Dapat membuat grup dengan fitur-fitur penelitian dan pengajaran
  4. Setiap grup memiliki perangkat lunak kolaboratif, seperti alat berbagi file yang dapat digunakan dengan anggota grup lainnya untuk menulis dan menyunting dokumen
  5. Pembuat jadwal dan survey/polling
  6. Pengguna dapat membaca dan mengunduh penulisan yang telah diterbitkan secara gratis
Banyak kalangan akademisi telah menggunakan media sosial ini, diantaranya adalah para dosen di Universitas yang berbasis IT. Berikut ini adalah pengguna dari Research Gate yang sekaligus dosen di Universitas Gunadarma. 



Penulisan-penulisan mereka dapat dibaca dan diunduh secara gratis sehingga dapat menambah referensi bagi kalangan mahasiswa dan umum.

Dan berikut ini merupakan salah satu pengguna Research Gate dari kalangan mahasiswa.

Kesimpulannya, Research Gate sangat direkomendasikan bagi kalangan akademisi dan peneliti, karena mempermudah pembagian informasi mengenai penelitian. Selain itu Research Gate juga dapat menghubungkan peneliti-peneliti dari berbagai negara dan bidang sehingga dapat membuka peluang diskusi untuk menciptakan suatu proyek yang berdaya cipta tinggi.





No comments:

Post a Comment