Wednesday, March 9, 2016

Web Science - Cabang Ilmu yang Sangat Berwarna

Hak cipta gambar : http://blogs.exeter.ac.uk/


Web science adalah cabang ilmu baru yang muncul dan berkembang setelah ditemukannya internet oleh Leonard Kleinrock pada 29 Oktober 1969. Web science terdiri dari dua suku kata yaitu web dan science. Dalam ilmu komputer web berarti jaringan yang menghubungkan suatu sistem, sedangkan science adalah pengetahuan yang bersifat universal dan dapat dibuktikan kebenarannya. 

Namun web science merupakan kesatuan kalimat sehingga dapat diartikan bahwa web science adalah ilmu yang mempelajari mengenai world wide web (www) dan pengaruh web terhadap teknologi dan masyarakat.

Pada setiap instansi, kurikulum pembelajaran web science berbeda-beda. Namun secara umum web science akan membahas mengenai perkembangan web, teknik pembuatan web, arsitektur web, dan aspek sosial web.

Pendekatan umum web science adalah untuk memahami bahwa web bukanlah suatu objek, namun sebagai struktur skala besar yang selalu berubah dan bergantung kepada protokol seperti URL (Uniform Resource Locator), HTML (Hyper Text Markup Language), dan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). Secara sederhana, ketiga unsur tersebut merupakan protokol pembentuk website.

Web science juga membahas tentang hubungan antara manusia dan teknologi, tentang bagaimana manusia dan teknologi saling mempengaruhi satu sama lain. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa web science merupakan ilmu interdisiplin, atau ilmu yang terdiri dari cabang ilmu yang lain. Cabang ilmu tersebut adalah sosiologi, ekonomi, matematika, dan komputer sains.

Ilmu ini berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan perkembangan masyarakat. sehingga dapat dimengerti mengapa web science beberapa tahun lalu sangat berbeda dengan web science saat ini. Hal ini dapat dilihat dari tampilan salah satu website seperti facebook yang tampilannya selalu berubah setiap tahun mengikuti perkembangan teknologi dan masyarakat.

Karena perkembangan web science yang begitu pesat, maka diperlukan kemampuan beradaptasi dan semangat yang tinggi untuk selalu mengikuti perkembangan agar tujuan disiplin ilmu web science dapat tercapai.





No comments:

Post a Comment