Friday, March 1, 2013

7 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Mungkin di antara kita ada yang rasa percaya dirinya kurang atau bahkan tidak memiliki rasa percaya diri sama sekali. Sebenarnya semua orang memiliki rasa percaya diri, namun ada sebagian orang yang memiliki mindset negatif  tentang dirinya sehingga menurunkan rasa percaya diri orang tersebut. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, tidak ada salahnya mencoba 7 cara di bawah ini. Semoga Bermanfaat.

1. Tersenyum
Selain bermanfaat bagi kesehatan tersenyum juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, karena dengan tersenyum orang lain akan nyaman saat berbicara dengan kita dan dapat membangkitkan mindset positif. Namun tersenyum di sini bukan berarti tersenyum selama pembicaraan berlangsung.


2. Tatap Mata Lawan Bicara
Mungkin bagian ini cukup sulit untuk kebanyakan orang, namun semakin sering menatap lawan bicara maka akan semakin meningkat pula rasa percaya diri. Yang perlu dilakukan hanyalah berlatih dan berlatih.

3. Bicara Perlahan
Berpikirlah dengan cepat namun bicaralah secara perlahan. Dengan bicara secara perlahan maka orang lain akan lebih mudah memahami maksud kita, selain itu kita dapat memikirkan apa yang akan kita bicarakan selanjutnya.

4. Jadilah Diri Sendiri
Lupakan pendapat orang bahwa kita harusnya begini, kita harusnya begitu. Jadilah diri sendiri, namun bukan berarti kita harus membuang semua masukan positif yang diberikan orang lain terhadap kita.

5. Ubah Suara Negatif Dalam Diri
Bagian ini merupakan poin inti dalam meningkatkan rasa percaya diri. Ubahlah kata-kata negatif seperti "Saya tidak mampu, saya tidak bisa, saya orang bodoh" dsb. Gantilah kata-kata tersebut dengan perkataan yang positif sehingga meningkatkan rasa percaya diri anda.

6. Berpenampilan Rapi
Beberapa orang tidak merasa percaya diri saat berpakaian rapi. Namun cobalah untuk berpenampilan rapi karena di mata kebanyakan orang penampilan merupakan hal pertama yang diperhatikan.

7. Ikut Ambil Bagian
Jangan diam saja saat sedang meeting, rapat, atau berkumpul bersama teman. Ikutlah ambil bagian dengan menyampaikan ide-ide anda. Dan berilah tanggapan positif ketika teman berbicara saat sedang kumpul bersama.

Demikian 7 cara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Semoga Bermanfaat

1 comment:

  1. wah keren, gua baru paham sekarang. makasih kak infornya. btw ini blog gua https://afara.my.id/ lihat lainya tentang blog gua yuk di sini

    ReplyDelete